Kisi-kisi UN IPA SMP
Khusus untuk anak-anak kelas IX atau kelas 3 – SMP/MTs atau yang sederajat ” yang mau berjuang di Ujian Nasional Tahun 2010 nanti″ – terutama untuk mata pelajaran IPA (acuan kisi un 2009, kayaknya sama dech.. :
1. Melakukan pengukuran dasar secara teliti dengan menggunakan alat ukur yang sesuai
dan sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari.
• Menentukan besaran fisika dan satuan yang sesuai.
• Membaca alat ukur.
2. Menerapkan konsep zat dan kalor serta kegunaannya dalam kehidupan sehari-hari.
• Menentukan salah satu variabel dari rumus massa jenis = m / v.
• Menjelaskan pengaruh suhu dan pemuaian dalam kehidupan sehari-hari.
• Menentukan salah satu variabel dari rumus kalor.
3. Menjelaskan dasar-dasar mekanika (gerak, gaya, usaha, dan energi) serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.
• Membedakan jenis gerak lurus dan mengidentifikasi terjadinya gerak tersebut dalam kehidupan sehari-hari.
• Menentukan variabel dari rumus tekanan pada suatu zat.
• Menyebutkan perubahan energi pada suatu alat dalam kehidupan sehari-hari.
• Menentukan besaran fisika pada usaha dan energi
• Mengidentifikasi jenis-jenis pesawat sederhana serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.
4. Memahami konsep-konsep dan penerapan, getaran, gelombang, bunyi, dan optik dalam produk teknologi ehari-hari.
• Menentukan salah satu besaran fisika pada getaran dan gelombang.
• Menjelaskan ciri dan sifat-sifat bunyi serta pemanfaatannya.
• Menentukan berbagai besaran fisika jika benda diletakkan di depan lensa atau cermin.
• Menentukan besaran-besaran pada alat optik dan penggunaannya dalam kehidupan sehari-hari.
5. Memahami konsep kelistrikan dan kemagnetan serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.
• Menjelaskan terjadinya gejala listrik statis serta menentukan jenis muatan.
• Menentukan besarnya energi dan daya listrik dalam kehidupan sehari-hari.
• Menentukan besaran fisika pada berbagai bentuk rangkaian listrik.
• Menjelaskan cara pembuatan magnet serta menentukan kutub-kutub yang dihasilkan.
6. Memahami sistem tata surya dan proses yang terjadi didalamnya.
• Menjelaskan karakteristik benda-benda langit dalam tata surya.
• Menjelaskan keterkaitan pasang naik dan pasang surut dengan posisi bulan.
7. Menjelaskan ciri-ciri dan keanekaragaman makhluk hidup, komponen ekosistem serta interaksi antar makhluk hidup dalam lingkungan, pentingnya pelestarian makhluk hidup dalam kehidupan.
• Mengidentifikasi ciri-ciri pada pengelompokan makhluk hidup.
• Menjelaskan interaksi antarmakhluk hidup dalam ekosistem.
• Menjelaskan usaha-usaha manusia untuk mengatasi pencemaran dan kerusakan lingkungan.
• Mengidentifikasi usaha manusia dalam melestarikan makhluk hidup.
8. Mengaitkan hubungan antara struktur dan fungsi jaringan/organ-organ pada tumbuhan dan manusia.
• Menentukan jenis tulang/sendi/otot pada alat gerak manusia beserta fungsinya.
• Menjelaskan sistem pencernaan dan enzim-enzim yang berperan pada proses pencernaan.
• Menjelaskan sistem peredaran darah pada manusia dan penyakit yang berhubungan dengannya.
• Menjelaskan proses pada sistem ekskresi (ginjal).
• Menjelaskan sistem saraf pada manusia.
• Menjelaskan struktur dan fungsi jaringan/organ pada tumbuhan.
• Menjelaskan respons tumbuhan terhadap pengaruh lingkungan luar.
• Menjelaskan proses fotosintesis dan percobaanpercobaan tentang proses tersebut.
9. Mengaplikasikan konsep pertumbuhan dan perkembangan, kelangsungan hidup dan pewarisan sifat pada organisme serta kaitannya dengan lingkungan, teknologi dan masyarakat.
• Menjelaskan konsep perilaku makhluk hidup untuk mempertahankan kelangsungan hidupnya.
• Menginterpretasikan hasil persilangan berdasarkan hukum Mendel.
• Menjelaskan teknologi reproduksi yang tepat untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas organisme disertai dengan contohnya.
• Menjelaskan pemanfaatan bioteknologi untuk kehidupan manusia.
10. Menjelaskan bahan kimia alami dan buatan yang terdapat dalam bahan makanan dan pengaruhnya terhadap kesehatan.
• Menentukan bahan kimia pada makanan yang ditambahkan pada makanan.
• Mendeskripsikan pengaruh zat adiktif/psikotropika pada tubuh kita.
Minggu, 25 Juli 2010
Pertumbuhan dan Perkembangan Tanaman
PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN PADA TANAMAN
Pertumbuhan : Peristiwa perubahan biologis pada makhluk hidup yang meliputi pertambahan ukuran , volume , masa dsb yang bersifat irreversible. . . .
Contoh , perubahan dari kecil menjadi besar , dari pendek menjadi panjang , dari rendah menjadi tinggi , dari sedikit menjadi banyak , dari ringan menjadi berat dll .
Alat yang digunakan untuk mengukur pertumbuhan tanaman disebut
auksanometer .
Pada umumnya hewan memiliki pertumbuhan terbatas sedang
tumbuhan memiliki pertumbuhan tak terbatas dalam artian dia akan mengalami pertumbuhan terus-menerus sepanjang hidupnya .
Perkembangan : Suatu proses menuju ketercapainya kedewasaan yang berjalan sejajar dengan pertumbuhan . Bisa juga diartikan terspesialisasinya sel-sel menjadi struktur dan fungsi tertentu .
Perkembangan tidak dapat diukur secara kwantitatif .
Contoh sederhana dari peristiwa perkembangan adalah dari tidak ada menjadi ada , dari belum berfungsi menjadi berfungsi , dari tidak bisa menjadi bisa dll .
Faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan tanaman .
Faktor dalam .
- Gen , bentuk dan ukuran tumbuhan banyak ditentukan oleh faktor hereditas atau faktor keturunan . Gen berpengaruh pada setiap struktur tumbuhan dan juga terhadap perkembangannya . faktor hereditas ini merupakan faktor intraseluler .
- Hormon / zat tumbuh, dikatakan sebagai faktor interseluler .
Macam - macam hormon pertumbuhan :
1. Auksin , memacu perpanjangan sel yang berpengaruh pada pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan . Pengaruh tersebut antara lain :
- pembengkokan batang
- merangsang perkembangan akar lateral dan serabut sehingga meningkatkan penyerapan air dan mineral .
- merangsang pembelahan sel kambium vaskuler sehingga merangsang pertumbuhan sekunder .
- merangsang diferensiasi sel menjadi xylem sehingga meningkatkan transportasi air dan mineral .
- meningkatkan perkembangan bunga dan buah .
Hormon auksin yang pertama diisolasi adalah IAA ( indole acetate acid ) , yang merupakan hasil sekresi organ tanaman yang disebut titik tumbuh ( ujung batang, ujung akar , daun muda , bunga ,buah , dan kambium ) .
Auksin dengan konsentrasi tinggi akan merangsang pertumbuhan batang , tapi sebaliknya akan menghambat pertumbuhan akar .
2. Giberelin , bekerja bersama-sama denga auksin dan sitokinin .
- mempengaruhi pemanjangan dan pembelahan sel
- mempengaruhi perkembangan embryo dan kecambah ( giberelin merangsang lapisan aleuron untuk mensintesa enzim amylase yang dapat memecah tepung dalam endosperm sehingga menjadi glukosa yang kemudian digunakan untuk perkecambahan biji )
- menghambat pembentukan biji
- memperbesar ukuran buah
- merangsang pembungaan
- mematahkan dormansi biji .
3. Gas Etilen
- mempercepat pemasakan buah ( buah yang sudah tua tapi belum masak ditempat yang tertutup akan mengeluarkan gas etilen yang menyebabkan buah menjadi masak ) .
4. Sitokinin
o merangsang pembelahan sel dengan cepat .
o pembesaran sel daun muda
o memperkecil dominansi apikal
o merangsang pertumbuhan daun dan pucuk
o menunda pengguguran daun , bunga , dan buah dengan cara meningkatkan nutrisi ke organ-organ tersebut .
5. Asam Absisat .
Merupakan hormon yang berfungsi menghambat pertumbuhan . Hormon ini
membantu tumbuhan untuk bertahan hidup dalam kondisi lingkungan yang jelek
dengan menunda pertumbuhan ( dormansi ) .
Selain zat-zat diatas , terdapat pula hormone yang berpengaruh terhadap pembentukan organ yang disebut kalin antara lain ,
- rizokalin ( identik dengan thiamin / vit B1 ), mempengaruhi pembentukan akar
- kaulokalin , mempengaruhi pembentukan batang
- filokalin , mempengaruhi pembentukan daun
- anthokalin , mempengaruhi pembentukan bunga
- asam traumalin , mempengaruhi pembentukan jaringan kalus pada luka .
Faktor luar .
1. Cahaya
Cahaya merupakan sumber energi untuk fotosintesa , dengan demikian cahaya berpengaruh pada ketersediaan makanan , yang tentu saja memepengaruhi proses pertumbuhan .
Panjang penyinaran berpengaruh pada proses pertumbuhan dan reproduksi tanaman . Respon tumbuhan terhadap panjang penyinaran yang berfariasi disebut fotoperiodisme, dan mempengaruhi proses pembungaan .
Respon ini dikendalikan oleh pigmen yang mengabsorpsi cahaya yaitu fitokrom .
Berdasar fotoperiodismenya tumbuhan dibedakan menjadi :
a. Tumbuhan berhari pendek , jika panjang penyinaran lebih pendek dari periode kritis ( strowberi , dahlia , aster , krisantemum )
b. Tumbuhan berhari panjang , masa penyinaran lebih panjang daripada periode kritis ( gandum , kentang , bayam , slada )
c. Tumbuhan netral , pembungaan tidak tergantung pada panjang – pendek penyinaran ( mawar , bunga matahari )
Pertumbuhan : Peristiwa perubahan biologis pada makhluk hidup yang meliputi pertambahan ukuran , volume , masa dsb yang bersifat irreversible. . . .
Contoh , perubahan dari kecil menjadi besar , dari pendek menjadi panjang , dari rendah menjadi tinggi , dari sedikit menjadi banyak , dari ringan menjadi berat dll .
Alat yang digunakan untuk mengukur pertumbuhan tanaman disebut
auksanometer .
Pada umumnya hewan memiliki pertumbuhan terbatas sedang
tumbuhan memiliki pertumbuhan tak terbatas dalam artian dia akan mengalami pertumbuhan terus-menerus sepanjang hidupnya .
Perkembangan : Suatu proses menuju ketercapainya kedewasaan yang berjalan sejajar dengan pertumbuhan . Bisa juga diartikan terspesialisasinya sel-sel menjadi struktur dan fungsi tertentu .
Perkembangan tidak dapat diukur secara kwantitatif .
Contoh sederhana dari peristiwa perkembangan adalah dari tidak ada menjadi ada , dari belum berfungsi menjadi berfungsi , dari tidak bisa menjadi bisa dll .
Faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan tanaman .
Faktor dalam .
- Gen , bentuk dan ukuran tumbuhan banyak ditentukan oleh faktor hereditas atau faktor keturunan . Gen berpengaruh pada setiap struktur tumbuhan dan juga terhadap perkembangannya . faktor hereditas ini merupakan faktor intraseluler .
- Hormon / zat tumbuh, dikatakan sebagai faktor interseluler .
Macam - macam hormon pertumbuhan :
1. Auksin , memacu perpanjangan sel yang berpengaruh pada pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan . Pengaruh tersebut antara lain :
- pembengkokan batang
- merangsang perkembangan akar lateral dan serabut sehingga meningkatkan penyerapan air dan mineral .
- merangsang pembelahan sel kambium vaskuler sehingga merangsang pertumbuhan sekunder .
- merangsang diferensiasi sel menjadi xylem sehingga meningkatkan transportasi air dan mineral .
- meningkatkan perkembangan bunga dan buah .
Hormon auksin yang pertama diisolasi adalah IAA ( indole acetate acid ) , yang merupakan hasil sekresi organ tanaman yang disebut titik tumbuh ( ujung batang, ujung akar , daun muda , bunga ,buah , dan kambium ) .
Auksin dengan konsentrasi tinggi akan merangsang pertumbuhan batang , tapi sebaliknya akan menghambat pertumbuhan akar .
2. Giberelin , bekerja bersama-sama denga auksin dan sitokinin .
- mempengaruhi pemanjangan dan pembelahan sel
- mempengaruhi perkembangan embryo dan kecambah ( giberelin merangsang lapisan aleuron untuk mensintesa enzim amylase yang dapat memecah tepung dalam endosperm sehingga menjadi glukosa yang kemudian digunakan untuk perkecambahan biji )
- menghambat pembentukan biji
- memperbesar ukuran buah
- merangsang pembungaan
- mematahkan dormansi biji .
3. Gas Etilen
- mempercepat pemasakan buah ( buah yang sudah tua tapi belum masak ditempat yang tertutup akan mengeluarkan gas etilen yang menyebabkan buah menjadi masak ) .
4. Sitokinin
o merangsang pembelahan sel dengan cepat .
o pembesaran sel daun muda
o memperkecil dominansi apikal
o merangsang pertumbuhan daun dan pucuk
o menunda pengguguran daun , bunga , dan buah dengan cara meningkatkan nutrisi ke organ-organ tersebut .
5. Asam Absisat .
Merupakan hormon yang berfungsi menghambat pertumbuhan . Hormon ini
membantu tumbuhan untuk bertahan hidup dalam kondisi lingkungan yang jelek
dengan menunda pertumbuhan ( dormansi ) .
Selain zat-zat diatas , terdapat pula hormone yang berpengaruh terhadap pembentukan organ yang disebut kalin antara lain ,
- rizokalin ( identik dengan thiamin / vit B1 ), mempengaruhi pembentukan akar
- kaulokalin , mempengaruhi pembentukan batang
- filokalin , mempengaruhi pembentukan daun
- anthokalin , mempengaruhi pembentukan bunga
- asam traumalin , mempengaruhi pembentukan jaringan kalus pada luka .
Faktor luar .
1. Cahaya
Cahaya merupakan sumber energi untuk fotosintesa , dengan demikian cahaya berpengaruh pada ketersediaan makanan , yang tentu saja memepengaruhi proses pertumbuhan .
Panjang penyinaran berpengaruh pada proses pertumbuhan dan reproduksi tanaman . Respon tumbuhan terhadap panjang penyinaran yang berfariasi disebut fotoperiodisme, dan mempengaruhi proses pembungaan .
Respon ini dikendalikan oleh pigmen yang mengabsorpsi cahaya yaitu fitokrom .
Berdasar fotoperiodismenya tumbuhan dibedakan menjadi :
a. Tumbuhan berhari pendek , jika panjang penyinaran lebih pendek dari periode kritis ( strowberi , dahlia , aster , krisantemum )
b. Tumbuhan berhari panjang , masa penyinaran lebih panjang daripada periode kritis ( gandum , kentang , bayam , slada )
c. Tumbuhan netral , pembungaan tidak tergantung pada panjang – pendek penyinaran ( mawar , bunga matahari )
Senin, 07 Juni 2010
Kompetisi Ilmiah Remaja
Kerjasama antara Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) dengan AJB Bumiputera 1912.
Kompetisi ilmiah bagi remaja usia 12-19 tahun yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran remaja akan pentingnya ilmu pengetahuan dan teknologi serta menumbuhkan rasa ingin tahu, kreativitas, dan inovasi remaja melalui kegiatan penelitian. Lomba ini terbagi menjadi tiga bidang: Ilmu Pengetahuan Alam, Ilmu Pengetahuan Sosial dan Kemanusiaan dan Ilmu Pengetahuan Teknik dan Rekayasa.
Berbeda dengan pelaksanaan LKIR tahun-tahun sebelumnya, proses pelaksanaan LKIR dimulai dari penilaian proposal penelitian dan BUKAN makalah hasil penelitian. Karena mulai LKIR ke 41, para finalis sekaligus menjadi kandidat untuk mewakili Indonesia dalam ajang internasional
Setiap peserta harus mengikuti semua persyaratan yang tercantum pada informasi di bawah ini SEBELUM membuat karya tulis ilmiah. Rangkaian pelaksanaan lomba berupa:
1. Peserta mengirimkan proposal penelitian kepada panitia lomba secara online memakai template yang disediakan di halaman BERKAS DIJITAL.
2. Proposal yang lolos seleksi akan dilakukan pembimbingan minimal 3 (tiga) bulan oleh pembimbing (yang ditentukan LIPI) melalui komunikasi jarak jauh seperti via surat elektronik dan lain-lain.
3. Hasil akhir penelitian berupa karya tulis ilmiah akan diseleksi kembali untuk diundang mengikuti presentasi sebagai Finalis di Jakarta.
4. Finalis melakukan presentasi hasil penelitian mereka dihadapan Dewan Juri berupa paparan oral dan Poster hasil penelitian.
5. Pemenang akan diumumkan pada malam penganugerahan.
Tertarik??
Buruan Boys n Girls daftarin diri kalian lewat Bd Uut or Bd Rofvi..
Kompetisi ilmiah bagi remaja usia 12-19 tahun yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran remaja akan pentingnya ilmu pengetahuan dan teknologi serta menumbuhkan rasa ingin tahu, kreativitas, dan inovasi remaja melalui kegiatan penelitian. Lomba ini terbagi menjadi tiga bidang: Ilmu Pengetahuan Alam, Ilmu Pengetahuan Sosial dan Kemanusiaan dan Ilmu Pengetahuan Teknik dan Rekayasa.
Berbeda dengan pelaksanaan LKIR tahun-tahun sebelumnya, proses pelaksanaan LKIR dimulai dari penilaian proposal penelitian dan BUKAN makalah hasil penelitian. Karena mulai LKIR ke 41, para finalis sekaligus menjadi kandidat untuk mewakili Indonesia dalam ajang internasional
Setiap peserta harus mengikuti semua persyaratan yang tercantum pada informasi di bawah ini SEBELUM membuat karya tulis ilmiah. Rangkaian pelaksanaan lomba berupa:
1. Peserta mengirimkan proposal penelitian kepada panitia lomba secara online memakai template yang disediakan di halaman BERKAS DIJITAL.
2. Proposal yang lolos seleksi akan dilakukan pembimbingan minimal 3 (tiga) bulan oleh pembimbing (yang ditentukan LIPI) melalui komunikasi jarak jauh seperti via surat elektronik dan lain-lain.
3. Hasil akhir penelitian berupa karya tulis ilmiah akan diseleksi kembali untuk diundang mengikuti presentasi sebagai Finalis di Jakarta.
4. Finalis melakukan presentasi hasil penelitian mereka dihadapan Dewan Juri berupa paparan oral dan Poster hasil penelitian.
5. Pemenang akan diumumkan pada malam penganugerahan.
Tertarik??
Buruan Boys n Girls daftarin diri kalian lewat Bd Uut or Bd Rofvi..
KLasifikasi Makhluk Hidup
Sistem Klasifikasi 5 Kingdom
Perkembangan selanjutnya, para ilmuwan telah mengembangkan cara pengelompokan makhluk hidup yang lebih baik dan lebih maju dibandingkan dengan cara-cara pengelompokan pada zaman prasejarah.
Aristoteles (384 – 322 SM), mengelompokkan makhluk hidup menjadi dua kelompok, yaitu tumbuhan dan hewan. Tumbuhan dikelompokkan menjadi herba, semak dan pohon. Sedangkan hewan digolongkan menjadi vertebrata dan avertebrata.
John Ray (1627 – 1708), merintis pengelompokkan makhluk hidup kearah grup-grup kecil. Ia telah melahirkan konsep tentang jenis dan spesies.
Carolus Linnaeus (1707 – 1778), mengelompokkan makhluk hidup berdasarkan pada kesamaan struktur. Ia juga mengenalkan pada system tata nama makhluk hidup yang dikenal dengan binomial nomenklatur.
Pada tahun 1969 R.H Whittaker mengelompokkan makhluk hidup menjadi 5 (lima) kingdom/kerajaan, yaitu :
1. Monera (bakteri dan ganggang biru)
Makhluk hidup yang dimasukkan dalam kerajaan Monera memiliki sel prokariotik.
Kelompok ini terdiri dari bakteri dan ganggang hijau biru (Cyanobacteria)
2. Protista (ganggang dan protozoa)
Makhluk hidup yang dimasukkan dalam kerajaan Protista rnemiliki sel eukariotik. Protista memiliki tubuh yang tersusun atas satu sel atau banyak sel tetapi tidak berdiferensiasi. Protista umumnya memiliki sifat antara hewan dan tumbuhan. Kelompok ini terdiri dari Protista menyerupai hewan (Protozoa) dan Protista menyerupai tumbuhan (ganggang), dan Protista menyerupai jamur.
3. Fungi (jamur)
Fungi memiliki sel eukariotik. Fungi tak dapat membuat makanannya sendiri. Cara makannya bersifat heterotrof, yaitu menyerap zat organik dari lingkungannya sehingga hidupnya bersifat parasit dan saprofit. Kelompok ini terdiri dari semua jamur, kecuali jamur lendir (Myxomycota) dan jamur air (Oomycpta).
4. Plantae (tumbuhan)
Tumbuhan memiliki sel eukariotik. Tubuhnya terdiri dari banyak sel yang telah berdiferensiasi membentuk jaringan. Tumbuhan memiliki kloroplas sehingga dapat membuat makanannya sendiri (bersifat autotrof). Kelompok ini terdiri dari tumbuhan lumut, tumbuhan paku, tumbuhan berbiji terbuka, dan tumbuhan berbiji tertutup
Plantae (Tumbuhan)
Algae (ganggang)
Bryophyta Lumut)
Pterydophyta (tumbuhan paku)
Spermatophyta (tumbuhan berbiji)
Gymnospermae (Biji terbuka)
Angiospermae (biji tertutup)
Monocotyledonae
Dicotyledonae
5. Animalia (hewan).
Hewan memiliki sel eukariotik. Tubuhnya tersusun atas banyak sel .yang telah berdiferensiasi membentuk jaringan. Hewan tidak dapat membuat makanannya sendiri sehingga bersifat heterotrof. Kelompok ini terdiri dari semua hewan, yaitu hewan tidak bertulang belakang (invertebrata) dan hewan bertulang belakang (vertebrata).
Vertebrata
Pisces (ikan)
Amphibia (amfibi)
Reptilia (hewan melata)
Mammalia (hewan menyusui
Invertebrata
Porifera (hewan berpori)
Coelenterata (hewan berongga)
Platyhelminthes (cacing pipih)
Nemathelminthes (cacing gilig)
Annelida (cacing gelang)
Mollusca (hewan bertubuh lunak)
Arthopoda (hewan bertubuh beruas2)
Echinodermata (hewan berkulit duri)
Pada tahun 1970-an seorang mikrobiologis bernama Carl Woese dan peneliti lain dari university of Illinois menemukan suatu kelompok bakteri yang memiliki ciri unik dan berbeda dari anggota kingdom Monera lainnya. Kelompok tersebut dinamakan Archaebacteria. Archaebacteria lebih mendekati makhluk hidup eukariot dibandingkan bakteri lain yang merupakan prokraiot. Hal itu menyebabkan terciptanya sistem klasifikasi 6 kingdom pemisah kingdom Archaebacteria dari anggota kingdom Monera lain yang kemudaian disebut Eubacteria.
Gambar 16. Kerajaan makhluk hidup menurut Whittaker
Masing-masing kingdom/kerajaan makhluk hidup dibagi-bagi menjadi Divisio/Divisi untuk tumbuhan dan Phylum/Filum untuk hewan. Setiap Divisi atau Filum terbagi menjadi kelompok-kelompok yang lebih kecil. Demikian dan seterusnya.
Setiap kelompok yang terbentuk dari hasil klasifikasi makhluk hidup, disebut Takson. Lahirlah istilah taksonomi (takson = kelompok, nomos = hokum), atau juga disebut sistematika (susunan dalam suatu system).
Berdasarkan uraian diatas dapat ditafsirkan, bahwa para ilmuwan mengelompokan makhluk hidup beerdasarkan banyaknya persamaan dan perbedaan baik morfologi, fisiologi, dan anatominya. Makin banyak persamaan, dikatakan makin dekat hubungan kekerabatannya.
Makin sedikit persamaannya, makin jauh kekerabatannya. Makhluk hidup yang memiliki banyak persamaan ciri, dapat saling kawin dan menghasilkan keturunan yang fertile (subur), maka makhluk ini dimasukkan ke dalam suatu kelompok (takson) yang disebut spesies atau jenis.
Contohnya: Spesies kucing (Felis domestica)
Spesies harimau (Felis tigris)
Gambar 17. Skema tingkatan takson, spesies (jenis), sampai kingdom (kerajaan)
Bagaimanakah penempatan takson pada penulisan klasifikasi? Untuk mendapat gambaran susunan takson dalam penulisan sistem klasifikasi, Anda dapat mengamati contoh berikut:
a. Klasifikasi hewan kucing
Kerajaan (Kingdom)
Chordata Kelas (Classis)
Carnivora Suku (Familia)
Felis Jenis (Spesies) :
:
:
: Animalia Filum (Phylum)
Mamalia Bangsa (Ordo)
Felidae Marga (Genus)
Felis Catus (kucing)
b. Klasifikasi tumbuhan padi
Kerajaan (Kingdom)
Divisi (Divisio)
Anak Divisi (Sub Divisio)
Kelas (Classis)
Bangsa (Ordo)
Suku (Familia)
Marga (Genus)
Jenis (Spesies) :
:
:
:
:
:
:
: Plantae
Spermatophyta
Angiospermae
Monocotyledoncae
Poales
Poaceae
Oryza
Oryza Sativa (padi)
Sesuai dengan perkembangan klasifikasi, maka pengelompokkan atau klasifikasi makhluk hidup tidak lagi berdasarkan manfaatnya tetapi sudah berdasarkan ciri-ciri morfologi,anatomi dan fisiologinya.
Perkembangan selanjutnya, para ilmuwan telah mengembangkan cara pengelompokan makhluk hidup yang lebih baik dan lebih maju dibandingkan dengan cara-cara pengelompokan pada zaman prasejarah.
Aristoteles (384 – 322 SM), mengelompokkan makhluk hidup menjadi dua kelompok, yaitu tumbuhan dan hewan. Tumbuhan dikelompokkan menjadi herba, semak dan pohon. Sedangkan hewan digolongkan menjadi vertebrata dan avertebrata.
John Ray (1627 – 1708), merintis pengelompokkan makhluk hidup kearah grup-grup kecil. Ia telah melahirkan konsep tentang jenis dan spesies.
Carolus Linnaeus (1707 – 1778), mengelompokkan makhluk hidup berdasarkan pada kesamaan struktur. Ia juga mengenalkan pada system tata nama makhluk hidup yang dikenal dengan binomial nomenklatur.
Pada tahun 1969 R.H Whittaker mengelompokkan makhluk hidup menjadi 5 (lima) kingdom/kerajaan, yaitu :
1. Monera (bakteri dan ganggang biru)
Makhluk hidup yang dimasukkan dalam kerajaan Monera memiliki sel prokariotik.
Kelompok ini terdiri dari bakteri dan ganggang hijau biru (Cyanobacteria)
2. Protista (ganggang dan protozoa)
Makhluk hidup yang dimasukkan dalam kerajaan Protista rnemiliki sel eukariotik. Protista memiliki tubuh yang tersusun atas satu sel atau banyak sel tetapi tidak berdiferensiasi. Protista umumnya memiliki sifat antara hewan dan tumbuhan. Kelompok ini terdiri dari Protista menyerupai hewan (Protozoa) dan Protista menyerupai tumbuhan (ganggang), dan Protista menyerupai jamur.
3. Fungi (jamur)
Fungi memiliki sel eukariotik. Fungi tak dapat membuat makanannya sendiri. Cara makannya bersifat heterotrof, yaitu menyerap zat organik dari lingkungannya sehingga hidupnya bersifat parasit dan saprofit. Kelompok ini terdiri dari semua jamur, kecuali jamur lendir (Myxomycota) dan jamur air (Oomycpta).
4. Plantae (tumbuhan)
Tumbuhan memiliki sel eukariotik. Tubuhnya terdiri dari banyak sel yang telah berdiferensiasi membentuk jaringan. Tumbuhan memiliki kloroplas sehingga dapat membuat makanannya sendiri (bersifat autotrof). Kelompok ini terdiri dari tumbuhan lumut, tumbuhan paku, tumbuhan berbiji terbuka, dan tumbuhan berbiji tertutup
Plantae (Tumbuhan)
Algae (ganggang)
Bryophyta Lumut)
Pterydophyta (tumbuhan paku)
Spermatophyta (tumbuhan berbiji)
Gymnospermae (Biji terbuka)
Angiospermae (biji tertutup)
Monocotyledonae
Dicotyledonae
5. Animalia (hewan).
Hewan memiliki sel eukariotik. Tubuhnya tersusun atas banyak sel .yang telah berdiferensiasi membentuk jaringan. Hewan tidak dapat membuat makanannya sendiri sehingga bersifat heterotrof. Kelompok ini terdiri dari semua hewan, yaitu hewan tidak bertulang belakang (invertebrata) dan hewan bertulang belakang (vertebrata).
Vertebrata
Pisces (ikan)
Amphibia (amfibi)
Reptilia (hewan melata)
Mammalia (hewan menyusui
Invertebrata
Porifera (hewan berpori)
Coelenterata (hewan berongga)
Platyhelminthes (cacing pipih)
Nemathelminthes (cacing gilig)
Annelida (cacing gelang)
Mollusca (hewan bertubuh lunak)
Arthopoda (hewan bertubuh beruas2)
Echinodermata (hewan berkulit duri)
Pada tahun 1970-an seorang mikrobiologis bernama Carl Woese dan peneliti lain dari university of Illinois menemukan suatu kelompok bakteri yang memiliki ciri unik dan berbeda dari anggota kingdom Monera lainnya. Kelompok tersebut dinamakan Archaebacteria. Archaebacteria lebih mendekati makhluk hidup eukariot dibandingkan bakteri lain yang merupakan prokraiot. Hal itu menyebabkan terciptanya sistem klasifikasi 6 kingdom pemisah kingdom Archaebacteria dari anggota kingdom Monera lain yang kemudaian disebut Eubacteria.
Gambar 16. Kerajaan makhluk hidup menurut Whittaker
Masing-masing kingdom/kerajaan makhluk hidup dibagi-bagi menjadi Divisio/Divisi untuk tumbuhan dan Phylum/Filum untuk hewan. Setiap Divisi atau Filum terbagi menjadi kelompok-kelompok yang lebih kecil. Demikian dan seterusnya.
Setiap kelompok yang terbentuk dari hasil klasifikasi makhluk hidup, disebut Takson. Lahirlah istilah taksonomi (takson = kelompok, nomos = hokum), atau juga disebut sistematika (susunan dalam suatu system).
Berdasarkan uraian diatas dapat ditafsirkan, bahwa para ilmuwan mengelompokan makhluk hidup beerdasarkan banyaknya persamaan dan perbedaan baik morfologi, fisiologi, dan anatominya. Makin banyak persamaan, dikatakan makin dekat hubungan kekerabatannya.
Makin sedikit persamaannya, makin jauh kekerabatannya. Makhluk hidup yang memiliki banyak persamaan ciri, dapat saling kawin dan menghasilkan keturunan yang fertile (subur), maka makhluk ini dimasukkan ke dalam suatu kelompok (takson) yang disebut spesies atau jenis.
Contohnya: Spesies kucing (Felis domestica)
Spesies harimau (Felis tigris)
Gambar 17. Skema tingkatan takson, spesies (jenis), sampai kingdom (kerajaan)
Bagaimanakah penempatan takson pada penulisan klasifikasi? Untuk mendapat gambaran susunan takson dalam penulisan sistem klasifikasi, Anda dapat mengamati contoh berikut:
a. Klasifikasi hewan kucing
Kerajaan (Kingdom)
Chordata Kelas (Classis)
Carnivora Suku (Familia)
Felis Jenis (Spesies) :
:
:
: Animalia Filum (Phylum)
Mamalia Bangsa (Ordo)
Felidae Marga (Genus)
Felis Catus (kucing)
b. Klasifikasi tumbuhan padi
Kerajaan (Kingdom)
Divisi (Divisio)
Anak Divisi (Sub Divisio)
Kelas (Classis)
Bangsa (Ordo)
Suku (Familia)
Marga (Genus)
Jenis (Spesies) :
:
:
:
:
:
:
: Plantae
Spermatophyta
Angiospermae
Monocotyledoncae
Poales
Poaceae
Oryza
Oryza Sativa (padi)
Sesuai dengan perkembangan klasifikasi, maka pengelompokkan atau klasifikasi makhluk hidup tidak lagi berdasarkan manfaatnya tetapi sudah berdasarkan ciri-ciri morfologi,anatomi dan fisiologinya.
Jumat, 04 Juni 2010
Organisasi Kehidupan
Organisasi Kehidupan
Urutan Organisasi Kehidupan :
SEL – JARINGAN – ORGAN – SISTEM ORGAN - ORGANISME
1. Sel
Sel pertama kali diamati oleh Robert Hook pada tahun 1665. Ia mengamati sayatan gabus dengan menggunakan mikroskop sederhana dan melihat ruangan kecil berderet (sel)
{Gb Anatomi Sel Tumbuhan}
Pada tahun 1839 Mathias Schleiden dan Thomas Schwan mempelajari bagian-bagian tumbuhan dan hewan. Kedua ilmuwan tersebut mengamati bahwa tumbuhan dan hewan tersusun atas sel. Berdasarkan pengamatannya mereka menyimpulkan bahwa sel merupakan unti terkecil penyusun makhluk hidup.
Setiap sel yang hidup mempunyai membran dan cairan yang disebut sitoplasma. Selain terdapat membran dan sitoplasma, setiap sel memiliki inti (nukleus) atau bahan inti. Berdasarkan ada tidaknya membran yang melindungi bahan inti, sel dapat dibedakan menjadi dua yaitu :
- prokariot : merupakan sel yang tidak memiliki membran inti, misal : bakteri dan alga biru
- Eukariot : merupakan sel yang memiliki membran inti , misal : hewan dan tumbuhan
Berdasarkan banyaknya sel yang menyusun tubuh, organisme dibedakan menjadi dua kelompok :
- Organisme bersel tunggal (uniseluler) ; seluruh kegiatan hidupnya (bernafas, makan ... dll) diatur oleh sel, misal bakteri dan protista.
- Organisme bersel banyak (multiseluler).
Organel yang terdapat di dalam sel :
a. Membran sel (membran plasma)
Fungsi : Pelindung dan pengatur lalu lintas zat yang keluar masuk sel.
Bersifat Semipermeabel, artinya membran sel hanya dapat dilewati oleh zat tertentu(air, oksigen, zat yg larut dalam lemak dan ion tertentu)
b. Sitoplasma
Merupakan cairan sel, berfungsi sebagai tempat berlangsungnya metabolisme sel
c. Inti sel(nukleus)
Tersusun atas : membran, cairan inti (nukleoplasma), kromosom, anak inti (nukleolus)
d. Mitokondria
Fungsi : Tempat penghasil energi
e. Ribosom
Fungsi : sintesis protein
f. Retikulum Endoplasma(RE)
Fungsi : membuat dan menyalurkan bahan-bahan yang dibutuhkan oleh organel-organel sel
g. Badan Golgi (Kompleks Golgi)
Merupakan kumpulan kantung yang bertumpuk-tumpuk
Fungsi memodikasi dan menyalurkan bahan-bahan yang dihasilkan oleh RE
h. Lisosom
Fungsi : Mencerna zat sisa, makanan atau zat asing
i. Sentriol
Berperan dalam pembelahan sel, hanya dimiliki oleh sel hewan
j. Vakuola
Vakuola berarti ruangan sel. Pada tumbuhan yang sudah tua, vakuola berukuran besar dan berisi cadangan makanan. Pada hewan vakuola berukuran kecil.
Fungsi : Penyimpanan makanan dan pengeluaran zat sisa
k. Plastida
l. Dinding sel
Hanya dimiliki oleh sel tumbuhan
2. Jaringan
a. Pada tumbuhan
- Jaringan epidermis
Fungsi : sebagai pelindung permukaan tubuh
- Jaringan dasar (Parenkima)
Sebagai dasar/ tempat melekatnya jaringan lain
- Jaringan penguat atau penyokong
- Jaringan pengangkut
Tersusun ataspembuluh-pembuluh yang berfungsi mengangkut air, unsur hara dan hasil fotosintesis
b. Pada hewan
- Jaringan Epitel ; Fungsi sebagai pelindung tubuh atau organ, melapisi saluran kelenjar, dan penerima rangsangan
- Jaringan Otot ; fungsi otot sebagai alat gerak aktif
- Jaringan Saraf; tersusun atas sel-sel saraf (neuron) yang berfungsi menerima dan meneruskan rangsang
- Jaringan Penyokong
Berfungsi menopang tubuh
3. Organ dan Sistem Organ
Urutan Organisasi Kehidupan :
SEL – JARINGAN – ORGAN – SISTEM ORGAN - ORGANISME
1. Sel
Sel pertama kali diamati oleh Robert Hook pada tahun 1665. Ia mengamati sayatan gabus dengan menggunakan mikroskop sederhana dan melihat ruangan kecil berderet (sel)
{Gb Anatomi Sel Tumbuhan}
Pada tahun 1839 Mathias Schleiden dan Thomas Schwan mempelajari bagian-bagian tumbuhan dan hewan. Kedua ilmuwan tersebut mengamati bahwa tumbuhan dan hewan tersusun atas sel. Berdasarkan pengamatannya mereka menyimpulkan bahwa sel merupakan unti terkecil penyusun makhluk hidup.
Setiap sel yang hidup mempunyai membran dan cairan yang disebut sitoplasma. Selain terdapat membran dan sitoplasma, setiap sel memiliki inti (nukleus) atau bahan inti. Berdasarkan ada tidaknya membran yang melindungi bahan inti, sel dapat dibedakan menjadi dua yaitu :
- prokariot : merupakan sel yang tidak memiliki membran inti, misal : bakteri dan alga biru
- Eukariot : merupakan sel yang memiliki membran inti , misal : hewan dan tumbuhan
Berdasarkan banyaknya sel yang menyusun tubuh, organisme dibedakan menjadi dua kelompok :
- Organisme bersel tunggal (uniseluler) ; seluruh kegiatan hidupnya (bernafas, makan ... dll) diatur oleh sel, misal bakteri dan protista.
- Organisme bersel banyak (multiseluler).
Organel yang terdapat di dalam sel :
a. Membran sel (membran plasma)
Fungsi : Pelindung dan pengatur lalu lintas zat yang keluar masuk sel.
Bersifat Semipermeabel, artinya membran sel hanya dapat dilewati oleh zat tertentu(air, oksigen, zat yg larut dalam lemak dan ion tertentu)
b. Sitoplasma
Merupakan cairan sel, berfungsi sebagai tempat berlangsungnya metabolisme sel
c. Inti sel(nukleus)
Tersusun atas : membran, cairan inti (nukleoplasma), kromosom, anak inti (nukleolus)
d. Mitokondria
Fungsi : Tempat penghasil energi
e. Ribosom
Fungsi : sintesis protein
f. Retikulum Endoplasma(RE)
Fungsi : membuat dan menyalurkan bahan-bahan yang dibutuhkan oleh organel-organel sel
g. Badan Golgi (Kompleks Golgi)
Merupakan kumpulan kantung yang bertumpuk-tumpuk
Fungsi memodikasi dan menyalurkan bahan-bahan yang dihasilkan oleh RE
h. Lisosom
Fungsi : Mencerna zat sisa, makanan atau zat asing
i. Sentriol
Berperan dalam pembelahan sel, hanya dimiliki oleh sel hewan
j. Vakuola
Vakuola berarti ruangan sel. Pada tumbuhan yang sudah tua, vakuola berukuran besar dan berisi cadangan makanan. Pada hewan vakuola berukuran kecil.
Fungsi : Penyimpanan makanan dan pengeluaran zat sisa
k. Plastida
l. Dinding sel
Hanya dimiliki oleh sel tumbuhan
2. Jaringan
a. Pada tumbuhan
- Jaringan epidermis
Fungsi : sebagai pelindung permukaan tubuh
- Jaringan dasar (Parenkima)
Sebagai dasar/ tempat melekatnya jaringan lain
- Jaringan penguat atau penyokong
- Jaringan pengangkut
Tersusun ataspembuluh-pembuluh yang berfungsi mengangkut air, unsur hara dan hasil fotosintesis
b. Pada hewan
- Jaringan Epitel ; Fungsi sebagai pelindung tubuh atau organ, melapisi saluran kelenjar, dan penerima rangsangan
- Jaringan Otot ; fungsi otot sebagai alat gerak aktif
- Jaringan Saraf; tersusun atas sel-sel saraf (neuron) yang berfungsi menerima dan meneruskan rangsang
- Jaringan Penyokong
Berfungsi menopang tubuh
3. Organ dan Sistem Organ
Kamis, 03 Juni 2010
Daily TEST- Klasifikasi Makhluk Hidup
I. CROSS ( X ) A, B, C OR D FOR THE RIGHT ANSWER!
1. Tujuan pengelompokan makhluk hidup adalah untuk .. .
a. Memberi nama setiap makhluk hidup
b. Mempermudah mempelajari makhluk hidup
c. Menentukan asal-usul makhluk hidup
d. Mencari perbedaan ciri makhluk hidup
2. Tokoh berikut yang dianggap pertama kali melakukan pengelompokan makhluk hidup adalah .. .
a. Aristoteles c. Carolus LInaeus
b. Charles Darwin d. Louis Pasteur
3. Gambar di samping termasuk kelas .. .
a. Porifera
b. Coelenterata
c. Arthropoda
d. Platyhelmintes
4. Hewan tersebut sekelompok dengan belalang karena .. .
a. Mengalami metamorfosis c. Hidup sebagai parasit
b. Mempunyai sepasang sayap d. Mempunyai enam kaki
5. Protozoa yang menguntungkan karena cangkangnya dapat membentuk tanah radiolaria yang berfungsi sebagai bahan penggosok adalah .. .
a. Amoeba c. Plasmodium malariae
b. Paramecium d. Radiolaria
6. Jamur yang menguntungkan karena dapat digunakan sebagai penghasil penisilin adalah .. .
a. Volvariella volvacea c. Phytophthora infestan
b. Rhizopus orizae d. Penicillium notatum
7. Anggota Bryophyta (lumut) yang dapat dijadikan bahan obat hepatitis adalah .. .
a. Marchantia polymorpha c. Marsilea crenata
b. Sphagnum squarrosum d. Lycopodium clavatum
8. Tubuh binatang ini ditutupi dengan bulu, memiliki alat pernafasan berupa paru-paru yang dilengkapi pundi-pundi udara. Merupakan ciri anggota kelas .. .
a. Aves b. Reptilia c. Mammalia d. Pisces
Perhatikan daftar lima kingdom berikut untuk menjawab soal nomor 9 dan 10 :
I. Animalia
II. Fungi
III. Plantae
IV. Monera
V. Protista
9. Bakteri yang membusukkan makanan merupakan anggota kingdom .. .
a. I b. II c. III d. IV
10. Kingdom IV terdiri dari .. .
a. Bakteri dan Cyanophyta(Ganggang hijau-biru)
b. Protozoa dan ganggang (alga)
c. Avertebrata dan vertebrata
d. Angiospermae dan Gymnospermae
II. ANSWER THESE QUESTIONS BELOW!
1. Pertemuan antara sel telur dan sel sperma terjadi di dalam tubuh induk betina dikenal dengan istilah ...
2. Pada binatang disamping rangkanya mengalami modifikasi menjadi
perisai perut (plastron) dan ... ..
3. Tubuh Aves bersifat ..........................., artinya suhu tubuhnya tetap, tidak terpengaruh oleh suhu lingkungan
4. Pada Pisces(ikan) bersifat ..............................., artinya suhu tubuhnya berubah-ubah sesuai dengan suhu lingkungan
5. Hewan dari kelompok mamalia yang reproduksinya berlangsung secara ovipar adalah .. .
6. Alat gerak pada hewan berkulit duri (Echinodermata) berupa .. .
7. Sel yang inti selnya memiliki membran inti disebut sel ....
8. Bakteri yang menguntungkan karena mampu membusukkan sisa-sisa makanan dan membentuk vitamin K adalah .......................... yang hidupnya di dalam usus besar manusia
9. Jamur(Fungi) tidak dapat melakukan fotosintesis karena tidak memiliki .. .
10. Sistem tatanama ganda yang diperkenalkan oleh Carolus linaeus adalah ..............
III. CHOOSE INTO THE RIGHT ANSWER
1. fungsi sirip ekor pada ikan (a) Whittaker
2. Penutup tubuh pada aves (b) Charles Darwin
3. Alat bantu pernafasan pada ikan (c) Mengetahui tekanan air
dalam jumlah oksigen sedikit (d) Beranak
4. Reproduksi ovipar (e) Bertelur
5. Rongga pencernaan pada Coelenterata (f) Uniseluler
6. Hewan bertulang belakang (g) Multiseluler
7. Hewan tak bertulang belakang (h) Bulu
8. Penemu klasifikasi lima kingdom (i) Labirin
9. Makhluk hidup bersel satu (j) Gastrovaskuler
10. Makhluk hidup bersel banyak (k) Bulu
(l) Kemudi
(m) Vertebta
(n) Avertebrata
Write down Hamdalah :
1. Tujuan pengelompokan makhluk hidup adalah untuk .. .
a. Memberi nama setiap makhluk hidup
b. Mempermudah mempelajari makhluk hidup
c. Menentukan asal-usul makhluk hidup
d. Mencari perbedaan ciri makhluk hidup
2. Tokoh berikut yang dianggap pertama kali melakukan pengelompokan makhluk hidup adalah .. .
a. Aristoteles c. Carolus LInaeus
b. Charles Darwin d. Louis Pasteur
3. Gambar di samping termasuk kelas .. .
a. Porifera
b. Coelenterata
c. Arthropoda
d. Platyhelmintes
4. Hewan tersebut sekelompok dengan belalang karena .. .
a. Mengalami metamorfosis c. Hidup sebagai parasit
b. Mempunyai sepasang sayap d. Mempunyai enam kaki
5. Protozoa yang menguntungkan karena cangkangnya dapat membentuk tanah radiolaria yang berfungsi sebagai bahan penggosok adalah .. .
a. Amoeba c. Plasmodium malariae
b. Paramecium d. Radiolaria
6. Jamur yang menguntungkan karena dapat digunakan sebagai penghasil penisilin adalah .. .
a. Volvariella volvacea c. Phytophthora infestan
b. Rhizopus orizae d. Penicillium notatum
7. Anggota Bryophyta (lumut) yang dapat dijadikan bahan obat hepatitis adalah .. .
a. Marchantia polymorpha c. Marsilea crenata
b. Sphagnum squarrosum d. Lycopodium clavatum
8. Tubuh binatang ini ditutupi dengan bulu, memiliki alat pernafasan berupa paru-paru yang dilengkapi pundi-pundi udara. Merupakan ciri anggota kelas .. .
a. Aves b. Reptilia c. Mammalia d. Pisces
Perhatikan daftar lima kingdom berikut untuk menjawab soal nomor 9 dan 10 :
I. Animalia
II. Fungi
III. Plantae
IV. Monera
V. Protista
9. Bakteri yang membusukkan makanan merupakan anggota kingdom .. .
a. I b. II c. III d. IV
10. Kingdom IV terdiri dari .. .
a. Bakteri dan Cyanophyta(Ganggang hijau-biru)
b. Protozoa dan ganggang (alga)
c. Avertebrata dan vertebrata
d. Angiospermae dan Gymnospermae
II. ANSWER THESE QUESTIONS BELOW!
1. Pertemuan antara sel telur dan sel sperma terjadi di dalam tubuh induk betina dikenal dengan istilah ...
2. Pada binatang disamping rangkanya mengalami modifikasi menjadi
perisai perut (plastron) dan ... ..
3. Tubuh Aves bersifat ..........................., artinya suhu tubuhnya tetap, tidak terpengaruh oleh suhu lingkungan
4. Pada Pisces(ikan) bersifat ..............................., artinya suhu tubuhnya berubah-ubah sesuai dengan suhu lingkungan
5. Hewan dari kelompok mamalia yang reproduksinya berlangsung secara ovipar adalah .. .
6. Alat gerak pada hewan berkulit duri (Echinodermata) berupa .. .
7. Sel yang inti selnya memiliki membran inti disebut sel ....
8. Bakteri yang menguntungkan karena mampu membusukkan sisa-sisa makanan dan membentuk vitamin K adalah .......................... yang hidupnya di dalam usus besar manusia
9. Jamur(Fungi) tidak dapat melakukan fotosintesis karena tidak memiliki .. .
10. Sistem tatanama ganda yang diperkenalkan oleh Carolus linaeus adalah ..............
III. CHOOSE INTO THE RIGHT ANSWER
1. fungsi sirip ekor pada ikan (a) Whittaker
2. Penutup tubuh pada aves (b) Charles Darwin
3. Alat bantu pernafasan pada ikan (c) Mengetahui tekanan air
dalam jumlah oksigen sedikit (d) Beranak
4. Reproduksi ovipar (e) Bertelur
5. Rongga pencernaan pada Coelenterata (f) Uniseluler
6. Hewan bertulang belakang (g) Multiseluler
7. Hewan tak bertulang belakang (h) Bulu
8. Penemu klasifikasi lima kingdom (i) Labirin
9. Makhluk hidup bersel satu (j) Gastrovaskuler
10. Makhluk hidup bersel banyak (k) Bulu
(l) Kemudi
(m) Vertebta
(n) Avertebrata
Write down Hamdalah :
MID BIO SEM II
I. CROSS ( X ) A, B, C OR D FOR THE RIGHT ANSWER!
1. Tahap permulaan dari metode ilmiah adalah ... .
a. Observasi masalah
b. Menyusun hipotesis
c. Merumuskan masalah
d. Menarik kesimpulan
2. Diafragma untuk mengatur ... .
a. Pemusatan cahaya
b. Kapasitas cahaya
c. Tempat Obyek
d. Pemantulan cahaya
3. Menurut langkah – langkah metode ilmiah, langkah selanjutnya setelah melakukan menyusun hipotesis adalah ... .
a. Merumuskan masalah
b. Menarik kesimpulan
c. Melakukan eksperiment
d. Mengumpulkan data
4. Penemu mikroskop adalah ... .
a. Aristoteles c. Robert Hooke
b. Charles Darwin d. Antony van Leuwenkook
5. Bagian mikroskop yang ditunjukkan anak panah dibawah ini adalah ... .
a. Lensa okuler
b. Lensa objektif
c. Revolver
d. Makrometer
6. Cahaya yang masuk kedalam lensa mikroskop berasal dari ... .
a. Lensa okuler
b. Pantulan cermin
c. Lensa objektif
d. Kondensor
7. Dalam membuat irisan preparat, arah untuk mengiris adalah ... .
a. Ke depan c. Ke samping
b. Ke dalam d. Ke bawah
8. Tanda disamping menunjukkan bahwa bahan tersebut ... .
a. Mudah meledak
b. Berbau tajam
c. Mudah terbakar
d. Beracun
9. Mikroskop yang digunakan untuk mengamati struktur internal sel adalah ... .
a. SEM c. Mikroskop Binokuler
b. Mikroskop Monokuler d. TEM
10. Saintis yang pertama kali menemukan sel adalah ... .
a. Robert Hooke c. Charles Darwin
b. Robert Brown d. Antonie van Leuwenhoek
11. Cabang biologi yang mempelajari hubungan makhluk hidup dengan lingkungannya adalah ... .
a. Taksonomi c. Mikrobiologi
b. Anatomi d. Ekologi
12. Daun putri malu akan menutup jika disentuh. Keadaan tersebut merupakan ciri makhluk hidup yaitu ... .
a. Tumbuh c. Iritabilitas
b. Bernafas d. Ekskresi
13. Berikut ini adalah hewan menyusui yang berkembang biak secara vivipar, kecuali ... .
a. Lumba-lumba c. Kanguru
b. Paus d. Bebek
14. Untuk meningkatkan hasil panen sawahnya, pak tani melakukan pemupukan. Hal ini menunjukkan bahwa tumbuhan ... .
a. Memerlukan makanan
b. Tumbuh
c. Berkembang biak
d. Peka terhadap rangsang
15. Organ pernafasan pada manusia ialah .. .
a. Jantung c. Hati
b. Paru-paru d. Lambung
16. Makhluk hidup tidak punah karena memiliki ciri ... .
a. memerlukan nutrisi
b. bernafas
c. peka terhadap rangsang
d. berkembang biak
17. Salah satu bukti bahwa tumbuhan melakukan gerak adalah ... .
a. dapat berfotosintesis
b. meneteskan embun
c. memiliki sulur
d. berbau harum
18. Gambar di samping menunjukkan ciri makhluk hidup ... .
a. peka terhadap rangsang
b. memerlukan makanan
c. berkembang biak
d. bergerak
19. Makhluk hidup berikut yang dapat membuat makanannya sendiri adalah ... .
a. manusia
b. cacing tanah
c. jamur merang
d. alang-alang
20. Pada saat fotosintesis di siang hari, tumbuhan menghisap ... .
a. energi c. karbohidrat
b. karbondioksida d. oksigen
21. Tumbuhan tidak dapat bergerak secara aktif karena tidak memiliki ... .
a. alat gerak c. indra
b. iritabilitas d. otot
22. Istilah lain pengelompokkan makhluk hidup adalah ... .
a. determinasi c. klasifikasi
b. identifikasi d. deskripsi
23. Klasifikasi makhluk hidup yang sekarang banyak digunakan adalah sistem ... . kingdom
a. tiga c. lima
b. empat d. enam
24. Tokoh berikut yang dianggap pertama kali melakukan pengelompokan makhluk hidup adalah ... .
a. Aristoteles c. Carolus Linnaeus
b. Charles Darwin d. Louis Pasteur
25. Tujuan pengelompokan makhluk hidup adalah untuk ... .
a. memberi nama setiap makhluk hidup
b. mempermudah mempelajari makhluk hidup
c. mencari perbedaan ciri makhluk hidup
d. menentukan asal-usul makhluk hidup
26. Bakteri dan Alga biru (Cyanophyceae) Termasuk anggota kingdom .. .
a. Monera c. Fungi
b. Protista d. Plantae
27. Lumba-lumba merupakan anggota kingdom ... .
a. protista c. fungi
b. animalia d. monera
28. Berikut ini merupakan tumbuhan monokotil, kecuali ... .
a. gandum c. kedelai
b. bambu d. kelapa
29. Takson di bawah genus adalah ... .
a. ordo c. kelas
b. familia d. species
30. Hewan dikelompokkan menjadi karnivor dan herbivor berdasarkan ... .
a. jenis makanannya
b. tempat hidupnya
c. ukuran tubuhnya
d. jumlah kakinya
31. Bagian sel berikut yang tidak ditemukan pada sel hewan adalah ... .
a. membran sel c. nukleus
b. sitoplasma d. dinding sel
32. Organel sel yang bermanfaat untuk mengatur jalannya pengangkutan zat dari dan keluar sel adalah. ..
a. Sitoplasma c. Dinding sel
b. Membran sel d. Badan golgi
33. Sel hewan berbeda dengan sel tumbuhan, karena sel hewan memiliki .. .
a. Membran c. Kloroplas
b. Sentriol d. Rongga sel
34. DNA yang merupakan bahan informasi genetik terdapat di dalam. ..
a. Kromosom c. Nukleolus
b. Nukleus d. Membran sel
35. Berikut ini merupakan jaringan pada hewan, kecuali ... .
a. lemak c. epidermis
b. epitel d. saraf
36. Tiga organ utama tumbuhan meliputi ... .
a. bunga, buah dan biji
b. akar, batang dan daun
c. batang, daun dan bunga
d. daun, bunga dan buah
37. Ciri-ciri sel otot polos adalah ... .
a. tidak memiliki inti sel
b. tidak mengandung haemoglobin
c. berwarna gelap terang
d. berbentuk gelendong
38. Pada tumbuhan, pengangkutan air dari akar ke daun merupakan tugas ... .
a. parenkim c. xylem
b. epidermis d. floem
39. Makhluk hidup yang mampu merubah energi matahari menjadi energi kimia adalah. ..
a. Zooplankton c. Karnivora
b. Fitoplankton d. Herbivora
40. Keberadaan heterotrof sangat bergantung pada keberadaan autotrof, karena autotrof sebagai .. .
a. Sumber energi bagi heterotrof
b. Penentu keragaman heterotrof
c. Pasangan bagi heterotrof
d. Tempat hidup bagi heterotrof
II. ANSWER THESE QUESTIONS BELOW!.
1. Apakah yang dimaksud Amensalisme?
2. Sebutkan anggota klasifikasi sistem 5 kingdom?
3. Sebutkan macam-macam jaringan tumbuhan?
4. Bagaimana akibatnya jika dalam jaring-jaring makanan semua organisme yang berfungsi sebagai konsumen II mati?
5. Jelaskan perbedaan antara sel hewan dan sel tumbuhan!
Good Luck !
1. Tahap permulaan dari metode ilmiah adalah ... .
a. Observasi masalah
b. Menyusun hipotesis
c. Merumuskan masalah
d. Menarik kesimpulan
2. Diafragma untuk mengatur ... .
a. Pemusatan cahaya
b. Kapasitas cahaya
c. Tempat Obyek
d. Pemantulan cahaya
3. Menurut langkah – langkah metode ilmiah, langkah selanjutnya setelah melakukan menyusun hipotesis adalah ... .
a. Merumuskan masalah
b. Menarik kesimpulan
c. Melakukan eksperiment
d. Mengumpulkan data
4. Penemu mikroskop adalah ... .
a. Aristoteles c. Robert Hooke
b. Charles Darwin d. Antony van Leuwenkook
5. Bagian mikroskop yang ditunjukkan anak panah dibawah ini adalah ... .
a. Lensa okuler
b. Lensa objektif
c. Revolver
d. Makrometer
6. Cahaya yang masuk kedalam lensa mikroskop berasal dari ... .
a. Lensa okuler
b. Pantulan cermin
c. Lensa objektif
d. Kondensor
7. Dalam membuat irisan preparat, arah untuk mengiris adalah ... .
a. Ke depan c. Ke samping
b. Ke dalam d. Ke bawah
8. Tanda disamping menunjukkan bahwa bahan tersebut ... .
a. Mudah meledak
b. Berbau tajam
c. Mudah terbakar
d. Beracun
9. Mikroskop yang digunakan untuk mengamati struktur internal sel adalah ... .
a. SEM c. Mikroskop Binokuler
b. Mikroskop Monokuler d. TEM
10. Saintis yang pertama kali menemukan sel adalah ... .
a. Robert Hooke c. Charles Darwin
b. Robert Brown d. Antonie van Leuwenhoek
11. Cabang biologi yang mempelajari hubungan makhluk hidup dengan lingkungannya adalah ... .
a. Taksonomi c. Mikrobiologi
b. Anatomi d. Ekologi
12. Daun putri malu akan menutup jika disentuh. Keadaan tersebut merupakan ciri makhluk hidup yaitu ... .
a. Tumbuh c. Iritabilitas
b. Bernafas d. Ekskresi
13. Berikut ini adalah hewan menyusui yang berkembang biak secara vivipar, kecuali ... .
a. Lumba-lumba c. Kanguru
b. Paus d. Bebek
14. Untuk meningkatkan hasil panen sawahnya, pak tani melakukan pemupukan. Hal ini menunjukkan bahwa tumbuhan ... .
a. Memerlukan makanan
b. Tumbuh
c. Berkembang biak
d. Peka terhadap rangsang
15. Organ pernafasan pada manusia ialah .. .
a. Jantung c. Hati
b. Paru-paru d. Lambung
16. Makhluk hidup tidak punah karena memiliki ciri ... .
a. memerlukan nutrisi
b. bernafas
c. peka terhadap rangsang
d. berkembang biak
17. Salah satu bukti bahwa tumbuhan melakukan gerak adalah ... .
a. dapat berfotosintesis
b. meneteskan embun
c. memiliki sulur
d. berbau harum
18. Gambar di samping menunjukkan ciri makhluk hidup ... .
a. peka terhadap rangsang
b. memerlukan makanan
c. berkembang biak
d. bergerak
19. Makhluk hidup berikut yang dapat membuat makanannya sendiri adalah ... .
a. manusia
b. cacing tanah
c. jamur merang
d. alang-alang
20. Pada saat fotosintesis di siang hari, tumbuhan menghisap ... .
a. energi c. karbohidrat
b. karbondioksida d. oksigen
21. Tumbuhan tidak dapat bergerak secara aktif karena tidak memiliki ... .
a. alat gerak c. indra
b. iritabilitas d. otot
22. Istilah lain pengelompokkan makhluk hidup adalah ... .
a. determinasi c. klasifikasi
b. identifikasi d. deskripsi
23. Klasifikasi makhluk hidup yang sekarang banyak digunakan adalah sistem ... . kingdom
a. tiga c. lima
b. empat d. enam
24. Tokoh berikut yang dianggap pertama kali melakukan pengelompokan makhluk hidup adalah ... .
a. Aristoteles c. Carolus Linnaeus
b. Charles Darwin d. Louis Pasteur
25. Tujuan pengelompokan makhluk hidup adalah untuk ... .
a. memberi nama setiap makhluk hidup
b. mempermudah mempelajari makhluk hidup
c. mencari perbedaan ciri makhluk hidup
d. menentukan asal-usul makhluk hidup
26. Bakteri dan Alga biru (Cyanophyceae) Termasuk anggota kingdom .. .
a. Monera c. Fungi
b. Protista d. Plantae
27. Lumba-lumba merupakan anggota kingdom ... .
a. protista c. fungi
b. animalia d. monera
28. Berikut ini merupakan tumbuhan monokotil, kecuali ... .
a. gandum c. kedelai
b. bambu d. kelapa
29. Takson di bawah genus adalah ... .
a. ordo c. kelas
b. familia d. species
30. Hewan dikelompokkan menjadi karnivor dan herbivor berdasarkan ... .
a. jenis makanannya
b. tempat hidupnya
c. ukuran tubuhnya
d. jumlah kakinya
31. Bagian sel berikut yang tidak ditemukan pada sel hewan adalah ... .
a. membran sel c. nukleus
b. sitoplasma d. dinding sel
32. Organel sel yang bermanfaat untuk mengatur jalannya pengangkutan zat dari dan keluar sel adalah. ..
a. Sitoplasma c. Dinding sel
b. Membran sel d. Badan golgi
33. Sel hewan berbeda dengan sel tumbuhan, karena sel hewan memiliki .. .
a. Membran c. Kloroplas
b. Sentriol d. Rongga sel
34. DNA yang merupakan bahan informasi genetik terdapat di dalam. ..
a. Kromosom c. Nukleolus
b. Nukleus d. Membran sel
35. Berikut ini merupakan jaringan pada hewan, kecuali ... .
a. lemak c. epidermis
b. epitel d. saraf
36. Tiga organ utama tumbuhan meliputi ... .
a. bunga, buah dan biji
b. akar, batang dan daun
c. batang, daun dan bunga
d. daun, bunga dan buah
37. Ciri-ciri sel otot polos adalah ... .
a. tidak memiliki inti sel
b. tidak mengandung haemoglobin
c. berwarna gelap terang
d. berbentuk gelendong
38. Pada tumbuhan, pengangkutan air dari akar ke daun merupakan tugas ... .
a. parenkim c. xylem
b. epidermis d. floem
39. Makhluk hidup yang mampu merubah energi matahari menjadi energi kimia adalah. ..
a. Zooplankton c. Karnivora
b. Fitoplankton d. Herbivora
40. Keberadaan heterotrof sangat bergantung pada keberadaan autotrof, karena autotrof sebagai .. .
a. Sumber energi bagi heterotrof
b. Penentu keragaman heterotrof
c. Pasangan bagi heterotrof
d. Tempat hidup bagi heterotrof
II. ANSWER THESE QUESTIONS BELOW!.
1. Apakah yang dimaksud Amensalisme?
2. Sebutkan anggota klasifikasi sistem 5 kingdom?
3. Sebutkan macam-macam jaringan tumbuhan?
4. Bagaimana akibatnya jika dalam jaring-jaring makanan semua organisme yang berfungsi sebagai konsumen II mati?
5. Jelaskan perbedaan antara sel hewan dan sel tumbuhan!
Good Luck !
Langganan:
Postingan (Atom)